Beberapa Syntax penting untuk javascript


Suatu program mempunyai syntax yang khas yang kadang berbeda dengan program lainnya, dimana dengan perbedaannya tersebut seseorang dapat mengetahui dengan jelas menggunakan compiler apa suatu code tertentu. Setelah sebelumnya kita belajar sedikit tentang javascript, sekarang saatnya mengenal beberapa Syntax penting dari javascript, berikut syntax tersebut:

  • // : Menunjukkan bahwa semua baris sesudah tanda tersebut tidak akan diperhitungkan oleh program. Atau tanda itu digunakan untuk komentar.

  • /* awal dari komentar, tanda ini digunakan untuk komentar yang lebih dari satu baris.

  • */ Akhir dari komentar lebih dari satu baris. Tanda ini juga bukan hanya digunakan untuk komentar tetapi juga untuk code yang kita tidak ingin menghapusnya secara permanen dan suatu saat akan kita gunakan lagi.

  • Curly bracket ({ dan }) digunakan untuk block dari code. Hal ini akan kita lihat banyak pada saat belajar if dan for serta fungsi.

  • Semicolon (;) digunakan untuk akhir baris dari suatu perintah, walaupun tidak harus tetapi sebaiknya selalu gunakan semicolon.


Berikut contoh dari penggunaan syntax di atas.
<script type="text/JavaScript">
// Satu baris komentar biasanya digunakan untuk menjelaskan code apa di bawahnya
/*
Multiline komentar
Biasanya digunakan untuk komentar ataupun code yang sedang diuji contoh Code di bawah tidak akan dijalankan oleh browser
document.write("Pelajaran pertama dari javascript");
*/

//Contoh penggunaan Curly bracket dan semicolon setelah satu baris perintah
for (var j = 1; j <= 1000; ++j) {
document.write('Angka ke = '+ j+'<br/>');
}
</script>

0 Read More
0 comments:

Post a Comment