Latar belakang penulisan posting ini dikarenakan saya beserta kelompok yang diantaranya Muhammad Irwan dan Baiq Hilyati mendapatkan tugas pada mata kuliah Grafika Komputer dengan Dosen pengampu Jeffry Andhika Pratama, beliau memberikan tugas akhir semester bertajuk membuat animasi 3D menggunakan sofware Blender. Kami membuat suatu animasi berjudul Permainan Baseball , berikut sedikit petikan dari tugas akhir tersebut :


A. Pengenalan tool

Berdasarkan ketentuan yang di tetapkan oleh dosen kami disini kami menggunakan “Blender”. Blender adalah perangkat lunak 3 dimensi yang gratis. Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi. Perangkat lunak ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan. Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi, seperti Microsoft Windows,Mac OS X,Linux,Solaris,netBSD,FreeBSD,dan OpenBSD. Perangkat lunak ini berlisensi GPL dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat diambil siapa saja

B. Alur



Alur cerita animasi yang kami buat adalah :

  1. Bola datang dari luar kamera

  2. Pemukul baseball bergerak memukul bola yang datang.

  3. Hal ini dilakukan sampai tiga buah bola dengan masing masing setiap bola berbeda arah  sampai bola terakhir yang tidak kena pukulan.


C. Pembahasan

  1. Install software blender terlebih dahulu. Download disini

  2. Setelah instalasi selesai , silahkan buka program blender tersebut.

  3. Ketika membuka blender silahkan edit Workspace sesuai dengan keinginan, workspace yang kami gunakan sperti gambar dibawah ini.
    Gambar 1 Tampilan  Awal Blender

    Gambar 1 Tampilan Awal Blender




  4. Selanjutnya membuat objek lingkaran, dengan mengunakan menu ADD ==> MESH ==> CIRCLE
    Gambar 2 Membuat Objek Lingkaran

    Gambar 2 Membuat Objek Lingkaran




  5. Masuk ke edit mode dengan menahan klik kanan, lalu pilih EDIT ==> ENTER EDIT
    Gambar 3 Edit Mode

    Gambar 3 Edit Mode




  6. Tekan E pada keyboard lalu pilih ONLY EDGES lalu perpanjang objek dengan cara menggeser mouse , kemudian klik kiri pada mouse
    Gambar 4 Extrude Objek

    Gambar 4 Extrude Objek




  7. Lakukan Extrude sekali lagi kemudian tekan S dan bentuk sesuai keinginan . Lalu lakukan EXTRUDE dan SIZE hingga objek berbentuk pemukul bola.
    Gambar 5 EXTRUDE DAN SIZE

    Gambar 5 EXTRUDE DAN SIZE




  8. Tekan TAB untuk keluar dari EDIT MODE , pastikan objek telah berbentuk sesuai dengan keinginan.
    Gambar 6 Objek selesai dibentuk

    Gambar 6 Objek selesai dibentuk




  9. Tambahkan Bola dengan memilih pada menu ADD ==> MESH ==> UVSphere, tambahkan hingga berjumlah 3 bola.
    Gambar 7 Pembuatan Bola

    Gambar 7 Pembuatan Bola




  10. Masuk ke IPOCurve dengan mengklik Display Current Windows Type, pilih IPOCurve Editor (Seperti pada gambar dibawah.
    Gambar 8 IPOCurve Editor Mode

    Gambar 8 IPOCurve Editor Mode




  11. Klik kanan objek bola lalu tekan I dan pilih LOC , klik kanan objek pemukul bola, kemudian tekan I dan pilih LocRot, lakukan hal yang sama pada semua objek termasuk kamera.
    Gambar 9 Pergerakan Objek Awal

    Gambar 9 Pergerakan Objek Awal




  12. Ganti TIME menjadi sesuai yang diinginkan, lalu gerakan objek dan kemudian tekan I kemudian pilih Loc untuk bola sedangkan untuk pemukul pilih LocRot

     Gambar 10 Pergerakan Objek Akhir

    Gambar 10 Pergerakan Objek Akhir




  13. Masuk ke Window Timeline , caranya sama seperti IPOCurve tetapi yang di pilih adalah Timeline
    Gambar 11 Timeline Mode

    Gambar 11 Timeline Mode




  14. Lakukan pemotongan video dengan cara, mengganti nilai End menjadi sesuai keinginan. Tekan Alt+A untuk mencoba (play) animasi yang telah dibuat, lalu tekan Esc untuk menghentikannya
    Gambar 12 View Animasi

    Gambar 12 View Animasi




  15. Untuk pemberian texture klik Shading Button pada menu bawah atau tekan F5, lalu ganti texture tipe menjadi image. Lakukan load gambar pada menu image.
    Gambar 13 Pemberian Texture

    Gambar 13 Pemberian Texture




  16. Masuk ke rendering, dengan cara klik Render ==> Render Setting
     Gambar 14 Rendering Setting

    Gambar 14 Rendering Setting




  17. Ganti format Output yang default JPEG menjadi AVI Codec, apabila ingin melakukan perubahan Frame Rate (kecepatan animasi per detik) , ganti nilai Fps menjadi sesuai keinginan (semakin kecil maka akan semakin lambat).
    Gambar 15 Pergantian Output dan Setting Kecepatan Animasi

    Gambar 15 Pergantian Output dan Setting Kecepatan Animasi




  18. Lakukan render dengan mengklik Render ==> Render Animation (Ctrl+F12) , tunggu hingga rendering selesai (semakin lama durasi semakin lama rendering)
     Gambar 16 Rendering Animasi

    Gambar 16 Rendering Animasi




  19. Setelah selesai secara default file hasil Rendering dengan Extention yang telah di tentukan (AVI) akan terbentuk pada directory C://tmp Gambar 17 Directory File Output
     Gambar 17 Output file directory

    Gambar 17 Output file directory




    18. Finish.


Untuk mendownload file blender dari animasi diatas Klik disini

Thanks to :

Dosen Grafika Komputer :  Jeffry Andhika Pratama

Asisten dosen (penguji presentasi).

Teman teman sekelompok.

2 , , , , , , , Read More
2 comments:
  1. febrianty says:

    pak, mau nanya gimana cara ngerubah format file dalam blender jd file skeleton/mesh untuk dijalanin di ogre??. Thx

  1. febrianty says:

    pak, mau nanya gimana ya cara ngerubah format file dalam blender jd file mesh/skeleton dalam ogre??. Thx

Post a Comment